Senin, 24 November 2014

Investasi Properti? Kenapa Tidak?



            Investasi atau penanaman modal merupakan salah satu hal yang dapat dilakukan perusahaan maupun orang pribadi dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Di dalam perusahaan investasi dapat menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan kas. Dengan melakukan investasi maka kas dalam perusahaan tidak akan menganggur.
            Apa pentingnya investasi bagi kita? Selain memperoleh keuntungan di masa depan, salah satu tujuan investasi yang terjadi saat ini adalah untuk mengurangi dampak dari keadaan ekonomi yang terus berubah. Apabila terjadi inflasi maka nilai uang akan merosot dan agar nilai uang kita tidak tergerus inflasi maka dilakukan investasi
            Investasi memang tidak akan memberikan keuntungan yang cukup tinggi dalam waktu dekat, tetapi investasi akan menjadi sangat berguna di masa depan. Oleh karena itu sebaiknya kita sadar akan pentingnya investasi.
            Saat ini terdapat banyak sekali jenis investasi, karena itulah kita harus memilih dengan cermat investasi kita inginkan. Jangan sampai investasi tersebut menjadi sia-sia hanya karena ketidakcermatan kita dalam memilih investasi. Apa yang mempengaruhi keputusan kita dalam memilih investasi?  
1.      Biaya, meliputi berapa biaya yang harus dikeluarkan seseorang untuk mempertahankan aset investasinya, contoh: tingkat suku bunga dan pajak
2.    Pendapatan, besar kecilnya pendapatan mempengaruhi dalam pemilihan investasi
3.      Harapan, keinginan/peluang yang diinginkan dari investasi di masa depan. Untuk itu investor harus mempertimbangkan situasi yang akan mempengaruhi investasi tersebut
            Saat ini terdapat 2 macam investasi, yang pertama adalah investasi aset riil yang merupakan aset berwujud ( tangible assets ). Contoh: logam mulia, emas, properti ( rumah & tanah). Umumnya asset riil ini merupakan investasi jangka panjang. Yang kedua adalah investasi aset finansial yang merupakan asset tidak berwujud ( intangible assets ). Contoh: pembelian saham, obligasi, reksadana.
            Dari beberapa jenis investasi yang ada, kali ini saya akan membahas tentang investasi yang sangat menjanjikan di masa depan yaitu properti. Mengapa investasi di bidang properti saat ini digemari oleh masyarakat?  Jawabannya  tentu saja karena investasi di bidang properti bagus, dan aman. Bahkan sejak jaman dulu properti merupakan instrumen investasi yang paling diminati selain deposito dan emas.
            Menurut MAPPI (Masyarakat Profesi Penilai Indonesia) Jawa Timur, harga properti di Surabaya semakin tahun semakin meningkat. Selain wilayah Surabaya barat, wilayah Surabaya timur saat ini memiliki peluang yang bagus untuk dijadikan investasi. Hal ini dipastikan oleh Pakuwon Group yang melakukan proyek apartemen di Surabaya timur. Dengan adanya proyek-proyek seperti itu maka bisa dipastikan bahwa harga properti di sana harganya akan terus naik.
            Kenaikan harga di bidang properti dapat disebabkan oleh terjadinya banyak pembangunan jalan dan fasilitas umum yang baru seperti rumah sakit, kampus, mall dan lain-lain. Jika hal tersebut terjadi maka dapat dipastikan bahwa harga properti di daerah tersebut bisa meningkat sampai 50% atau bahkan lebih.
            Kenaikan harga di bidang properti yang cukup signifikan membuat para investor berlomba-lomba untuk memperoleh aset ini. Mulai dari rumah, apartemen, ruko sampai tanah pun tak luput dari sasaran para investor. Seolah-olah mereka tidak ingin mensia-siakan kesempatan emas ini.
            Investasi properti dalam akuntansi diakui dan diatur di dalam PSAK no.13. Menurut PSAK no 13, investasi properti didefinisikan sebagai tanah, bangunan atau bagian dari bangunan, atau keduanya, yang dikuasai oleh pemilik (atau lessee) melalui finance lease (pembiayaan sewa) untuk mendapatkan rental atau capital gain. Di dalam akuntansi, properti bisa dimiliki/dikuasai dengan 3 cara yaitu:
   1.Kepemilikan
  2.Financial Lease, dengan syarat : ada pengalihan resiko dari lessor ke lessee, masa manfaat hampir sama dengan masa ekonomik, pada akhir perjanjian ada opsi untuk membeli. 
   3.Operating Lease, dengan cara menyewakan sebagian atau keseluruhan properti
            Pada saat perolehan, pengakuan investasi properti sama seperti pengakuan aset pada umumnya, yaitu diakui pada biaya perolehan. Biaya ini meliputi harga pembelian dan setiap pengeluaran yang dapat diatribusikan secara langsung ( biaya jasa hukum, pajak penjualan, dan biaya lainnya)
            Dalam melakukan investasi tentu ada kelebihan dan kelemahan yang harus ditanggung oleh investor. Berikut adalah kelebihan dan kelemahan  yang terjadi ketika melakukan investasi properti:

Kelebihan Investasi Properti :
   1.Nilainya cenderung meningkat setiap tahun
Hal ini didasarkan pada kenaikan harga properti yang meningkatkan antara 5-15% / tahun
   2.Keuntungan yang di dapat bisa berupa cash inflow dan capital gain
Cash inflow dapat berupa pendapatan yang diterima dari aset, contoh: pendapatan sewa. Capital gain merupakan keuntungan yang diperoleh dari investasi, dimana nilai jual aset kita lebih tinggi daripada harga pembelian
   3.Permintaan selalu lebih besar dari penawaran
Keterbatasan lahan dan banyaknya permintaan masyarakat membuat harga properti melambung tinggi
   4.Kebal dari inflasi
Sebagai contoh saat pemerintah pengumumkan kenaikan harga BBM beberapa hari lalu, rata-rata harga properti pun ikut naik hingga mencapai 15% persen.
   5.Sarana penghematan pajak yang legal dan menguntungkan
Dalam akuntansi nilai properti dapat dibuat menyusut. Penyusutan tersebut bisa digunakan sebagai komponen untuk mengurangi tingkat keuntungan sebelum terkena pajak

Kelemahan Investasi Properti :
     1Bentuknya tidak likuid
Artinya properti tidak mudah diuangkan atau dijual apabila kita membutuhkan uang,
   2Bukan investasi yang murah
Harga properti yang mahal membuat tidak semua orang dapat membelinya
    3. Biaya Perawatan yang cukup mahal
Kita harus melakukan perawatan pada properti yang kita beli agar properti tersebut tidak rusak dan tetap mempunyai nilai jual yang tinggi
           
            Karena hal-hal di atas maka investasi merupakan hal yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian yang buruk di masa depan, salah satunya untuk mengurangi ancaman dari perubahan ekonomi yaitu inflasi. Dengan melakukan investasi maka uang kita tidak akan tergerus arus inflasi. Selain itu dalam menentukan investasi yang akan dipilih kita harus cermat, kita harus memilih investasi yang aman dan menguntungkan di masa depan. Jangan sampai uang kita menjadi sia-sia karena ketidakpahaman dalam memilih investasi. Saat ini investasi di bidang properti sangat digemari oleh masyarakat karena bagus dan aman. Di samping itu pula kenaikan harga properti yang selalu meningkat tiap tahunnya menjadi salah satu magnet tersendiri bagi investor.
           
Daftar Pustaka :


 Penulis : Yeny Yustin ( 3203013096 / D)

2 komentar: