Senin, 24 November 2014

Manakah yang Utama: Ilmu Akuntansi vs Sumber Daya Manusia



Seperti halnya bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan bahasa Perancis adalah bahasa cinta, Akuntansi merupakan bahasa yang paling utama dalam dunia bisnis. Julukan seperti ini tidak hanya datang secara tiba-tiba, melainkan dilihat dari pentingnya akuntansi ini sendiri.
Dunia bisnis tampaknya seperti dunia yang hanya memperhitungkan uang dan selalu datang dan pergi dengan sendirinya. Namun bagi orang yang menjalankannya, bisnis bukan hanya sekedar itu. Bisnis membutuhkan akuntansi untuk analisis dan pengorganisasian uang yang datang dan pergi. Hal ini mudah dikatakan tetapi sulit untuk dilakukan karena seperti yang diketahui oleh masyarakat luas, uang datang dan pergi dengan mudah. Dengan kemampuan akuntansi, suatu usaha dapat berkembang atau malah runtuh. Semua tergantung pada kemampuan akuntansi dari pengelolanya.
Tetapi tentu saja ilmu harus didukung dengan kemampuan personal dari orangnya. Dalam suatu artikel dimanagement-issues.com dan GreatWebMeetings.comdisinggung bahwa yang terpenting dari seorang akuntan adalah akuntabilitasnya. Akuntabilitas disini adalah komitmen terhadap pekerjaannya dan janjinya juga kemampuannya untuk bekerja sama dengan orang lain dalam satu tim. Hal ini menjadi penting adanya karena bisnis tidak hanya dijalankan oleh satu orang saja tetapi seluruh dunia menjalankan bisnis bersama-sama. Tampak dari hal ini bisnis butuh orang yang mampu memegang komitmen dalam bekerja dan tepat dalam setiap pekerjaannya. Karenanya, akuntansi butuh ketelitian karena tanpa ketelitian dari seorang akuntan, dana keluar dan masuk tidak akan seimbang, usaha tidak dapat berkembang dan bisnis tidak berjalan dengan lancar.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan akuntabilitas diri sebagai seorang akuntan. Selalu jujur terhadap partner kerja, karena dengan kejujuran maka dalam melakukan pekerjaan semuanya dapat dipertanggungjawabkan. Disiplin karena dalam dunia bisnis semuanya harus tepat pada waktunya. Teliti dan teratur dalam mengerjakan semua tugasnya karena tugasnya tidak hanya menyangkut tentang usahanya tetapi juga menyangkut tentang jalannya usaha bisnis secara global, hal ini akan tampak sekali pada perusahaan-perusahaan yang bisnisnya mendunia. Kemampuan interpretasi yang baik juga diperlukan karena akuntansi tidak hanya teori tetapi butuh implementasinya dalam bisnis. Yang terakhir adalah karakter diri yang baik. Penting adanya mengembangkan karakter diri yang baik karena dengan karakter yang baik kemampuan bekerjasama dan membangun relasi dengan orang lain dalam bekerja.
            Akuntansi merupakan ilmu yang secara luas digunakan tanpa sadar. Tanpa teori terkadang seorang ibu rumah tangga telah menjalankan prinsip akuntansi dalam mengelola keuangan dalam rumah tangganya. Bahkan pembantu rumah tanggapun mengelola uang yang akan dikirim ke kampung untuk keluarganya dengan yang digunakan untuk pemenuhan kebutuhannya menggunakan akuntansi secara tidak disadari. Akuntansi selalu berada di sekitar kita, kapanpun dan dimanapun.

Sumber:
management-issues.comDiakses pada tanggal 23 November 2014 pada jam 11.45
GreatWebMeetings. Diakses pada tanggal 23 November 2014 pada jam 12.00

Penulisan : Antonius Bernard (3203013097)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar