Senin, 24 November 2014

PERBEDAAN NERACA SALDO, NSSD, DANNERACA SALDO PENUTUP


Berdasarkan definisinya neraca saldo disebut juga neraca sisa yang berisi nama-nama akun riil dan nama-nama akun nominal beserta saldonya. Saldo-saldo akun riil dan nominal dalam neraca saldo harus seimbang ( balance). Jika tidak seimbang maka neraca tersebut belum disusun dengan tepat.
Selanjutnya adalah neraca saldo setelah disesuaikan ( NSSD). NSSD yaitu daftar yang berisi saldo akun riil dan saldo akun nominal yang telah sesuai dengan keadaan keuangan perusahaan sampai akhir periode.
Yang terakhir adalah neraca saldo penutup yaitu sebuah daftar berisi nama akun riil saja beserta saldonya yang bersumber dari buku besar setelah jurnal penyesuaian dan jurnal penutup diposting.
Jika berdasarkan fungsinya, neraca saldo sebagai koreksi kebenaran buku besar. NSSD sebagai koreksi kebenaran dari indikasi saldo akun dalam buku besar setelah jurnal penyesuaian. Sedangkan neraca saldo penutup sebagai koreksi akun-akun dalam buku besar setelah jurnal penyesuaian dan jurnal penutup diposting.
Berdasarkan cara penyusunan, neraca saldo disusun berdasarkan buku besar utama, NSSD disusun berdasarkan buku besar utama setelah jurnal penyesuaian diposting, dan neraca saldo penutup disusun berdasarkan buku besar utama setelah jurnal penyesuaian dan jurnal penutup diposting.
Jadi sudah jelas bahwa ketiga macam neraca tersebut memiliki definisi, fungsi, dan penyusunan yang berbeda. Setiap neraca memiliki peran yang berbeda tetapi ketiga neraca tersebut memiliki keterkaitan. Sangatlah penting bagi seorang akuntan untuk mengenal jenis-jenis dalam akuntansi yang salah satunya adalah neraca. Macam-macam neraca ini sangat bermanfaat bagi seorang akuntansi bekerja dalam suatu  perusahaan.
Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat.
Sumber :
Penulis : Julio Steven (3203013080)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar